biroelaut

don't it always seem to go, that you don't know what you got 'til it's gone...

JalanJalan


JejakLangkah


-- HOME --

Nama :
Web Url :
Komentar :


by:
doneeh.com

wTuesday, August 09, 2011


tadi sore, seorang kawan yang merantau dari solok ke jkt, bercerita ttg pengalamannya membeli nasi di warteg selama bulan puasa. ia membawa kotak makan ke warteg atau warung nasi sebagai wadah nasi/makanan yang dibeli untuk sahur. dia bertanya-tanya,'apa ya yg ada di pikiran si penjaga warung, liat saya selalu bawa kotak makan dan gak pernah mau pakai kresek' :-)

jadi sejak di jakarta, tepatnya sejak mulai bergabung dengan kami di "geng rantang" (sebut aja begitu), ia mulai terbiasa untuk membawa kotak makan dan botol minum demi mengurangi sampah saat jajan. di geng rantang sendiri memang ada kebiasaan untuk senantiasa bawa kotak makan, botol minum dan tas, setiap kali kita wisata kuliner. dan ini kemudian jadi kebiasaan sehari-hari para anggota geng.

yang ironis bagi saya, kawan-kawan di geng rantang ini mayoritas bukanlah penggiat lingkungan. tapi dengan mudahnya mereka mengubah gaya hidup. tanpa banyak tanya dan tanpa banyak alasan. bahkan mereka bisa jadi lebih 'strict' dalam mengubah kebiasaan.

sementara saat mengamati di sekitar saya, ada cukup banyak juru kampanye, penggiat, peneliti lingkungan yang begitu mudahnya memberikan solusi masalah lingkungan ke khalayak ramai, tapi begitu sulitnya mengubah gaya hidup sendiri.

kenapa begitu???


posted by mel at 22:34

This page is powered by Blogger. Why isn't yours?